Jumat, 16 Desember 2011

Haruskah Jawa Lagi ?

Sejak  abad  ke  16  pemerintah  kolonial  Belanda  memindahkan  markas  VOC  dari  Maluku  ke  Jayakarta (Ricklef:1991). Pertimbangan  pemerintah  kolonial  Belanda  saat  itu  adalah  Jayakarta  lebih  ramai  sebagai  jalur  dan  pusat  perdagangan  ketimbang  Maluku.  VOC  mulai  membangun  pelabuhan  dan  seiring  dengan  perkembangan  perdagangan  mereka  juga  membangun  kota  Batavia.
            Pada  tahun  -  tahun  awal  VOC  di  Jayakarta,  VOC  mengalami  kesulitan  karena  mendapat  perlawanan  dari  Sultan  Agung  dari  Mataram  dan  Sultan  Ageng  Tirtayasa  dari  Banten.  Meski  dalam  beberapa  pertempuran  VOC  mengalami  kemenangan,  tetapi  peperangan  cukup  mengganggu  keadaan  perekonomian  VOC.  Baru  pada  penerus  Sultan  Agung, yaitu  Amangkurat I  kerjasama  VOC  dengan  Mataram  bisa  dilakukan.  Begitu  pula  Banten,  ketika  Sultan  Aji  berkuasa,  VOC  menjalin  kerjasama  yang  baik  dengan  Banten.
            Selama  kerjasama  yang  baik  itu  terjalin,  VOC  membangun  pos  dagang  di  beberapa  daerah  seperti  di  pesisir  utara  dan  di  Banten.  Beriiringan  dengan  dibangunnya  pos  dagang  di  daerah  tersebut,  maka  dibangun  pula  fasilitas  -  fasilitas  umum  seperti  pelabuhan,  jalan  dan  lainnya.  Berbeda  halnya  dengan  daerah  luar  pulau  Jawa  yang  relatif  tidak  terjangkau  atau  bahkan  tidak  pernah  sama  sekali  di  duduki  oleh  VOC.
            Seperti  disebutkan  Kozok (2010),  bahwa  baru  pada  tahun  1870-an  pemerintah  kolonial  Belanda  melakukan  ekspansinya  ke  seluruh  wilayah  Indonesia.  Sejak  awal  pemerintah  kolonial  Belanda  telah  menetapkan  kebijakan  untuk  menjadikan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan.  Salah  satu  bahan  pertimbangannya  adalah  Jawa  relatif  mudah  “dikontrol”  oleh  Pemerintah  kolonial  Belanda,  dibanding  daerah  lain  di  luar  Jawa.  Disamping  itu  sistem  feodal  dan  kepatuhan  rakyat  kepada  raja  dan  bangsawan  juga  membuat  rakyat  Jawa  relatif  lebih  mudah  diatur  oleh  pemerintah  kolonial  Belanda  yang  berhasil  menjalin  kerjasama  dengan  para  raja  dan  bangsawan.
            Jelaslah  sejak  awal  pemerintah  kolonial  Belanda  membangun  dan  menambah  fasilitas  umum  yang  mendukung  kegiatan  perdagangan  pemerintah  kolonial  lebih  banyak  di  Jawa,  ketimbang  di  daerah  lain.  Setelah  bangsa  Indonesia  merdeka  tahun  1945,  Soekarno  tetap  mempertahankan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan  republik  Indonesia.  Untuk  tahap  awal  dalam  mengisi  hari  -  hari  setelah  merdeka,  pemilihan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan  bisa  dimaklumi.  Keadaan  serba  prihatin,  baik  dari  segi  keamanan  maupun  ekonomi  mendukung  kebijakan  Soekarno  tersebut.
            Namun  di  kemudian  hari  keputusan  mempertahankan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan  menuai  berbagai  kritik  dan  tindakan  pemberontakan  dari  rakyat  di  daerah.  Banyak  hal  yang  mendorong  ketidakpuasan  rakyat  luar  Jawa  terhadap  pemerintah  di  Jawa.  Mulai  dari  diskriminasi  pembagian  hasil  pajak  yang  lebih  berat  ke  Jawa daripada  daerah  lain,  sampai  pada  pembangunan  fasilitas  umum  yang  tidak  berimbang  antara  Jawa  dan  daerah.
            Untuk  mengatasi  masalah  -  masalah  pergolakan  di  daerah,  pemerintah  telah  melakukan  kebijakan  pemberian  otonomi  daerah  pada  setiap  daerah.  Cara  ini  cukup  efektif  untuk  sementara  waktu  menstabilkan  keamanan  dan  kecurigaan  daerah  terhadap  pusat.  Namun  akhir  -  akhir  ini  muncul  kembali  pergolakan  di  Papua  Barat  yang  memprotes  perlakuan  Jawa  yang  diskriminatif  pada  penduduk  Papua  Barat.
            Tidak  ada  salahnya  kita  mencoba  untuk  memindahkan  ibukota  pemerintahan ke  kota  lain  untuk  memperbaiki  perlakuan  -  perlakuan  pusat  terhadap  daerah  dan  mengurangi  kecurigaan  daerah  terhadap  Pusat  yang  dalam  hal  ini  Jawa.  Untuk  itu  Makassar  merupakan  kota  yang  sangat  tepat  untuk  dijadikan  ibukota  pemerintahan  republik  Indonesia.  Dengan  pertimbangan  Secara  teritorial  kota  Makassar  lebih  dekat  dengan  Papua  Barat,  hingga  dapat  memudahkan  pemerintah  untuk  melaksanakan  pembangunan  ke  daerah  Papua  Barat.  Mengingat  bahwa  daerah  Indonesia  Timur  sedikit  lebih  tertinggal  pembangunan  daerahnya  dibanding  daerah  Indonesia  Barat.
            Indonesia  memiliki  kemampuan  melaksanakan  pemerintahan  di luar  Jawa.  Sejarah  tercatat  bahwa  republik  Indonesia  pernah  beribukota  di  Bukitinggi  Sumatera  Barat  tahun  1948  -  1949  pada  masa  PDRI  (Pemerintahan  Darurat  Republik  Indonesia).  Negara  tetangga  Malaysia  juga  melakukan  kebijakan  pemindahan  ibukota  pemerintahan  dari  kota  Kuala  Lumpur  ke  kota  Putrajaya.  Kebijakan  itu  dilakukan  pemerintah  Malaysia  karena  kondisi  kota  Kuala  Lumpur  yang  sudah  tidak  layak  dijadikan  ibukota  pemerintahan  dengan  pertambahan  penduduknya  yang  banyak.
            Jika  ditelisik  lebih  jauh  pada  kondisi  ibukota  republik  Indonesia,  maka  kota  Jakarta  sudah  sangat  jauh  dari  kondisi  layak  sebagai  ibukota  pemerintahan  suatu  negara.  Kemacetan  lalulintas,  kepadatan  penduduk,  banjir,  kesemerawutan  tatakota  semakin  menambah  ketidaklayakan  Jakarta  sebagai  ibukota.  Sudah  sangat  tepat  apabila  ibukota  dipindahkan  ke  daerah  lain,  seperti  kota  Makassar.  Kota  Makassar  merupakan  tempat  yang  sangat  ideal  dalam  menyeimbangkan  pembangunan  daerah  antara  daerah  Indonesia  Timur  dengan  Indonesia  Barat.  Disamping  itu  kota  Makassar  telah  memiliki  fasilitas  umum  penunjang  kegiatan  pemerintahan,  yang  akan  membantu  mengurangi  biaya  anggaran  pembangunan  dan  penambahan  fasilitas  penunjang  kegiatan  pemerintahan.                 

Oleh  :  H.  Harahap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar