Jumat, 16 Desember 2011

Republik Indonesia Tanpa Wakil Presiden

Kembali  membuka  lembaran  memori  dimasa  lalu,  bahwa  republik  Indonesia  pernah  mengalami  kekosongan  wakil  presiden.  Ini  terjadi  pada  era  pemerintahan  orde  lama  dibawah  kepemimpinan  presiden  Soekarno  tahun  1956  dan  pada  era  kepemimpinan  presiden  B.J. Habibie  pasca  lengsernya  presiden  Soeharto  tahun  1998.
            Seperti  kita  ketahui  bahwa  sejak  tahun  1950  berlakunya  UUD  Sementara,  wakil  presiden  Hatta  telah  mulai  mengingatkan  pada  parlemen  bahwa  masa  baktinya  telah  habis (Pamungkas:2001).  Namun  parlemen  kembali  mengangkat  beliau  menjadi  wakil  presiden.  Setelah  dilantik  sebagai  wakil  presiden,  Hatta  kembali  lagi  mengingatkan  bahwa  pengangkatan  dirinya  ini  hanya  bersifat  sementara.
            Puncaknya  pada  tahun  1956  ketika  permohonan  pengunduran  diri  wakil  presiden  Hatta  diterima  oleh  parlemen.  Parlemen  dan  juga  presiden  Soekarno  mengabulkan  permohonan  pengunduran  diri  wakil  presiden  Hatta.  Tidak  diketahui  secara  pasti  apa  hal  yang  menyebabkan  wakil  presiden  Hatta  ngotot  untuk  berhenti  sebagai  wakil  presiden.  Diketahui  diakhir  kepemerintahan  Hatta  sebagai  wakil  presiden,  terjadi  perbedaan  visi  dan  pemikiran  antara  Hatta  dan  Soekarno  tentang  republik  ini.
            Perbedaan  pandangan  mereka  yang  paling  mencolok  adalah  tentang  revolusi  Indonesia.  Presiden  Soekarno  menganggap  revolusi  belum  berakhir  dan  harus  terus  dilakukan  sampai  cita  -  cita  bangsa  tercapai.  Cita  -  cita  yang  dimaksud  presiden  Soekarno  adalah  masyarakat  adil  dan  makmur  yang  akan  diperoleh  melalui  revolusi  sosial  -  ekonomi.  Sedangkan  revolusi  menurut  wakil  presiden  Hatta  telah  berakhir.  Menurutnya  revolusi  berlangsung  tidak  dalam  waktu  lama,  hanya  beberapa  bulan  saja.  Lebih  lanjut  wakil  presiden  Hatta  menambahkan  bahwa  usaha  pencapaian  cita  -cita  bangsa  itulah  yang  harus  di  lanjutkan (Alam:2003).
            Praktis  sejak  tahun  1956  presiden  Soekarno  memerintah  republik  Indonesia  tanpa  wakil  presiden.  Saat  itu  tidak  ada  kebijakan  parlemen  untuk  melakukan  pemilihan  wakil  presiden   pengganti  Hatta.  Tidak  diketahui  secara  pasti  alasan  mengapa  pemilihan  wakil  presiden  tidak  dilaksanakan.  Namun  pada  tahun  1957  parlemen  berhasil  mengeluarkan  keputusan  sementara  mengenai  pengganti  presiden  apabila  berhalangan  dalam  memerintah  republik  Indonesia.  Keputusan  tersebut  adalah  apabila  presiden  dan  wakil  presiden  berhalangan  memerintah  republik,  maka  ketua  parlemen  berhak  untuk  mengambil  alih  kekuasaan  dan  menjadi  presiden.
            Namun  pada  akhirnya  keputusan  sementara  parlemen  tersebut  tidak  pernah  terlaksana,  karena  pada  5  Juli  1959  presiden  Soekarno  mengeluarkan  Dekrit  presiden.  Selain  merubah  sistem  demokrasi  liberal  menjadi  demoktasi  terpimpin,  presiden  Sokearno  juga  membubarkan  parlemen  dan  menggantinya  dengan  MPRS.  Begitu  juga  dengan  DPR  hasil  pemilu  1955,  yang  dibubarkan  pada  tahun  1960  karena  tidak  menyepakati usulan  presiden  Soekarno  tentang  penyetujuan  Rencana  Anggaran  Belanja  Negara.  Sebagai  gantinya  presiden  Soekarno  menyusun  DPR  baru  yang  diberi  nama  Dewan  Perwakilan  Rakyat  Gotong  Royong.  Oleh  karena  itu  pada  saat  terjadinya  gejolak  politik,  keamanan  dan  ekonomi  dampak  pemberontakan  PKI  di  tahun  1965  sampai  dengan  1966,  maka  dengan  mudah  Soeharto  “melenggang”  menuju  kursi  presiden  republik  Indonesia.  
            Sedangkan  pada  kasus  lain,  pada  masa  akhir  pemerintahan  presiden  Soeharto,  B.J. Habibie  terpilih  sebagai  wakil  presiden  republik  Indonesia.  Pasca  lengsernya  presiden  Soeharto,  secara  “otomatis”  B.J. Habibie  berhak  mengisi  jabatan  presiden  yang  kosong  ditinggalkan  presiden  Soeharto.  Setelah  B.J. Habibie  dilantik  menjadi  presiden  republik  Indonesia,  kursi  wakil  presiden  kembali  “dibiarkan”  kosong  oleh  MPR.  Tidak  ada  upaya  MPR  untuk  melakukan pemilihan  wakil  presiden  yang  kosong  ditinggalkan  B.J. Habibie.  Sampai  saat  ini  belum  diketahui  mengapa  kursi  wakil  presiden  dibiarkan  kosong  oleh  MPR.  Kemungkinan  ada  anggapan  saat  itu  bahwa  pasangan  presiden  dan  wakil  presiden  dipilih  dalam  satu  paket  atau  dalam  satu  pasangan  pemilihan.  Jadi  dalam  kondisi  itu  tidak  memungkinkan  dilakukan  pemilihan  wakil  presiden  yang  merupakan  kandidat  yang  berasal  dari  luar  pasangan  tersebut.
            Akibatnya  ketika  pada  tahun  1999  presiden  B.J. Habibie  lengser  dari  jabatannya,  MPR  “terpaksa”  melakukan  pemilihan  umum  presiden  dan  wakil  presiden  kembali. Jelas  bahwa  pemilihan  tersebut  menyita  lebih  banyak  anggaran  negara,  dari pada  sekedar  memilih  wakil  presiden  untuk  mendampingi  presiden  B.J. Habibie.  Artinya  jika  saat  itu  pemilihan  wakil  presiden  terlaksana,  maka  wakil  presiden  tersebut  kelak  yang  berhak  langsung  menggantikan  B.J. Habibie  menjadi  presiden.

Oleh  :  H.  Harahap

Haruskah Jawa Lagi ?

Sejak  abad  ke  16  pemerintah  kolonial  Belanda  memindahkan  markas  VOC  dari  Maluku  ke  Jayakarta (Ricklef:1991). Pertimbangan  pemerintah  kolonial  Belanda  saat  itu  adalah  Jayakarta  lebih  ramai  sebagai  jalur  dan  pusat  perdagangan  ketimbang  Maluku.  VOC  mulai  membangun  pelabuhan  dan  seiring  dengan  perkembangan  perdagangan  mereka  juga  membangun  kota  Batavia.
            Pada  tahun  -  tahun  awal  VOC  di  Jayakarta,  VOC  mengalami  kesulitan  karena  mendapat  perlawanan  dari  Sultan  Agung  dari  Mataram  dan  Sultan  Ageng  Tirtayasa  dari  Banten.  Meski  dalam  beberapa  pertempuran  VOC  mengalami  kemenangan,  tetapi  peperangan  cukup  mengganggu  keadaan  perekonomian  VOC.  Baru  pada  penerus  Sultan  Agung, yaitu  Amangkurat I  kerjasama  VOC  dengan  Mataram  bisa  dilakukan.  Begitu  pula  Banten,  ketika  Sultan  Aji  berkuasa,  VOC  menjalin  kerjasama  yang  baik  dengan  Banten.
            Selama  kerjasama  yang  baik  itu  terjalin,  VOC  membangun  pos  dagang  di  beberapa  daerah  seperti  di  pesisir  utara  dan  di  Banten.  Beriiringan  dengan  dibangunnya  pos  dagang  di  daerah  tersebut,  maka  dibangun  pula  fasilitas  -  fasilitas  umum  seperti  pelabuhan,  jalan  dan  lainnya.  Berbeda  halnya  dengan  daerah  luar  pulau  Jawa  yang  relatif  tidak  terjangkau  atau  bahkan  tidak  pernah  sama  sekali  di  duduki  oleh  VOC.
            Seperti  disebutkan  Kozok (2010),  bahwa  baru  pada  tahun  1870-an  pemerintah  kolonial  Belanda  melakukan  ekspansinya  ke  seluruh  wilayah  Indonesia.  Sejak  awal  pemerintah  kolonial  Belanda  telah  menetapkan  kebijakan  untuk  menjadikan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan.  Salah  satu  bahan  pertimbangannya  adalah  Jawa  relatif  mudah  “dikontrol”  oleh  Pemerintah  kolonial  Belanda,  dibanding  daerah  lain  di  luar  Jawa.  Disamping  itu  sistem  feodal  dan  kepatuhan  rakyat  kepada  raja  dan  bangsawan  juga  membuat  rakyat  Jawa  relatif  lebih  mudah  diatur  oleh  pemerintah  kolonial  Belanda  yang  berhasil  menjalin  kerjasama  dengan  para  raja  dan  bangsawan.
            Jelaslah  sejak  awal  pemerintah  kolonial  Belanda  membangun  dan  menambah  fasilitas  umum  yang  mendukung  kegiatan  perdagangan  pemerintah  kolonial  lebih  banyak  di  Jawa,  ketimbang  di  daerah  lain.  Setelah  bangsa  Indonesia  merdeka  tahun  1945,  Soekarno  tetap  mempertahankan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan  republik  Indonesia.  Untuk  tahap  awal  dalam  mengisi  hari  -  hari  setelah  merdeka,  pemilihan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan  bisa  dimaklumi.  Keadaan  serba  prihatin,  baik  dari  segi  keamanan  maupun  ekonomi  mendukung  kebijakan  Soekarno  tersebut.
            Namun  di  kemudian  hari  keputusan  mempertahankan  Jawa  sebagai  pusat  pemerintahan  menuai  berbagai  kritik  dan  tindakan  pemberontakan  dari  rakyat  di  daerah.  Banyak  hal  yang  mendorong  ketidakpuasan  rakyat  luar  Jawa  terhadap  pemerintah  di  Jawa.  Mulai  dari  diskriminasi  pembagian  hasil  pajak  yang  lebih  berat  ke  Jawa daripada  daerah  lain,  sampai  pada  pembangunan  fasilitas  umum  yang  tidak  berimbang  antara  Jawa  dan  daerah.
            Untuk  mengatasi  masalah  -  masalah  pergolakan  di  daerah,  pemerintah  telah  melakukan  kebijakan  pemberian  otonomi  daerah  pada  setiap  daerah.  Cara  ini  cukup  efektif  untuk  sementara  waktu  menstabilkan  keamanan  dan  kecurigaan  daerah  terhadap  pusat.  Namun  akhir  -  akhir  ini  muncul  kembali  pergolakan  di  Papua  Barat  yang  memprotes  perlakuan  Jawa  yang  diskriminatif  pada  penduduk  Papua  Barat.
            Tidak  ada  salahnya  kita  mencoba  untuk  memindahkan  ibukota  pemerintahan ke  kota  lain  untuk  memperbaiki  perlakuan  -  perlakuan  pusat  terhadap  daerah  dan  mengurangi  kecurigaan  daerah  terhadap  Pusat  yang  dalam  hal  ini  Jawa.  Untuk  itu  Makassar  merupakan  kota  yang  sangat  tepat  untuk  dijadikan  ibukota  pemerintahan  republik  Indonesia.  Dengan  pertimbangan  Secara  teritorial  kota  Makassar  lebih  dekat  dengan  Papua  Barat,  hingga  dapat  memudahkan  pemerintah  untuk  melaksanakan  pembangunan  ke  daerah  Papua  Barat.  Mengingat  bahwa  daerah  Indonesia  Timur  sedikit  lebih  tertinggal  pembangunan  daerahnya  dibanding  daerah  Indonesia  Barat.
            Indonesia  memiliki  kemampuan  melaksanakan  pemerintahan  di luar  Jawa.  Sejarah  tercatat  bahwa  republik  Indonesia  pernah  beribukota  di  Bukitinggi  Sumatera  Barat  tahun  1948  -  1949  pada  masa  PDRI  (Pemerintahan  Darurat  Republik  Indonesia).  Negara  tetangga  Malaysia  juga  melakukan  kebijakan  pemindahan  ibukota  pemerintahan  dari  kota  Kuala  Lumpur  ke  kota  Putrajaya.  Kebijakan  itu  dilakukan  pemerintah  Malaysia  karena  kondisi  kota  Kuala  Lumpur  yang  sudah  tidak  layak  dijadikan  ibukota  pemerintahan  dengan  pertambahan  penduduknya  yang  banyak.
            Jika  ditelisik  lebih  jauh  pada  kondisi  ibukota  republik  Indonesia,  maka  kota  Jakarta  sudah  sangat  jauh  dari  kondisi  layak  sebagai  ibukota  pemerintahan  suatu  negara.  Kemacetan  lalulintas,  kepadatan  penduduk,  banjir,  kesemerawutan  tatakota  semakin  menambah  ketidaklayakan  Jakarta  sebagai  ibukota.  Sudah  sangat  tepat  apabila  ibukota  dipindahkan  ke  daerah  lain,  seperti  kota  Makassar.  Kota  Makassar  merupakan  tempat  yang  sangat  ideal  dalam  menyeimbangkan  pembangunan  daerah  antara  daerah  Indonesia  Timur  dengan  Indonesia  Barat.  Disamping  itu  kota  Makassar  telah  memiliki  fasilitas  umum  penunjang  kegiatan  pemerintahan,  yang  akan  membantu  mengurangi  biaya  anggaran  pembangunan  dan  penambahan  fasilitas  penunjang  kegiatan  pemerintahan.                 

Oleh  :  H.  Harahap

Selasa, 06 Desember 2011

Sejarah Kekerasan di Indonesia

            Agaknya  kita  harus  kembali  mempertimbangkan  predikat  -  predikat  yang diberikan  bangsa  lain  kepada  bangsa  Indonesia,  sebagai  bangsa  yang  cinta  damai  dan  ramah  -  tamah.  Faktanya  banyak  peristiwa  -  peristiwa  yang  terjadi  baik  saat  ini  atau  di  masa  lalu  yang  menunjukkan  tindak  kekerasan  yang  dilakukan  bangsa  Indonesia. 
            Kekerasan  yang  saat  ini  terjadi  di  berbagai  daerah  Indonesia  tidak  serta -  merta terjadi  begitu  saja.  Beragam  hal  menjadi  faktor  pendorong  kekerasan  tersebut.  Tetapi  sebenarnya  kekerasan  bukanlah  hal  baru  di  Indonesia.  Sejak  zaman  Hindu  -  Budha banyak  peristiwa  kekerasan  yang  terekam  dan  dicatat  oleh  manusia.  Seperti  pada  peristiwa  peperangan  yang  dilakukan  Sriwijaya  sekitar  tahun  682 M  saat  menyerbu  Melayu  (Munoz:2009).  Tidak  hanya  itu,  peristiwa  legitimasi  kekuasaan  dan  asmara  Ken  Angrok  yang melegenda  pada  abad  ke  13 M  juga  mencirikan  tindakan  kekerasan  tersendiri.  Dia  membunuh  Tunggul  Ametung  raja  sekaligus  suami  dari  Ken  Dedes  perempuan  yang  dicintainya.
            Tidak  berhenti  sampai  disitu,  pada  zaman  Islam  di  Indonesia  juga  terjadi  tindak  kekerasan  yang  sama.  Seperti  diketahui  bahwa  pada  sekitar  tahun  1637  Amangkurat I  dari  kerajaan  Mataram  Islam  pernah  membunuh  6000  umat  Islam  karena  menentang  kebijakannya  bekerjasama  dengan  VOC (Suryanegara:2009).  Selain itu  Amangkurat  I  kerap  melakukan  peperangan  terhadap  kerajaan  Banten  dan  Surabaya.  Di  Sumatera  juga  terjadi  tindak  kekerasan  yang  dilakukan  pasukan  Padri  saat  menyerang  orang  Batak  di  tanah  Batak  pada  sekitar  tahun  1816 (Sangti:1977).
            Timbul  anggapan  bahwa  tindak  kekerasan  yang  dilakukan  pada  masa  lalu  wajar  terjadi.  Ini  sebagai  konsekuensi  hidup  pada  zaman  itu,  “siapa  yang  kuat,  dia  yang  menang”.  Tidak  sama  halnya  dengan  peradaban  yang  telah  modern  setelah  kontak  dengan  Belanda  sebagai  negara  penjajah.  Pada  awal  abad  ke  19  peperangan  antar  kerajaan  pribumi  telah  berkurang.  Kerajaan  -  kerajaan pribumi  lebih  fokus  melawan  Belanda  atau  sebaliknya  bagi  kerajaan  yang  bekerja  sama  dengan  Belanda  mereka  lebih  fokus  memperkaya  diri  dan  keluarga  kerajaan.   
            Namun  ada  beberapa  peristiwa  terjadi  di  beberapa  daerah  yang  cukup  memilukan  pada  masa  kolonial  Belanda.  Salah  satu  dampak  yang diterima  bangsa  Indonesia  dari  kehadiran  Belanda  di  Indonesia  adalah  berkembangnya  aliran  ideologi  komunis  yang  saat  itu  berkembang  di  Eropa.  Hidup  dengan  penindasan,  membuat  rakyat  Indonesia  dengan  mudah  menerima  aliran  ideologi  komunis  tersebut,  karena  memiliki  tujuan  yang  sesuai  yakni  terlepas  dari  belenggu  penjajahan  dan  memiliki  persamaan  hak.
            Sebagai  contoh  di  Silungkang  Sumatera  Barat  pada  tahun  1927  terjadi  pemberontakan  komunis  yang  dilakukan  kelompok  M. Yusuf.  Mereka  melakukan  pembantaian  terhadap  orang  pribumi  yang  dianggap  bekerjasama  dengan  Belanda  dan  juga  orang  Belanda  sendiri (Zed:2004).  Tindakan  ini  didasari  kebencian  rakyat  terhadap  Belanda  yang  menindas  rakyat,  begitu  juga  dengan  orang  pribumi  yang  hidup  mewah  dengan  menjadi  antek  -  antek  Belanda.
            Berbeda  dengan  pemberontakan  Silungkang,  di  Banten  juga  terjadi  pemberontakan  yang  dilakukan  para  petani  pada  tahun  1888.  Pemberontakan  ini  dipelopori  oleh  para  ulama  Islam  yang  menyuarakan  perang  Sabil  di  jalan  Allah  melawan  Belanda  dan  pengikutnya  (Kartodirdjo:1984).  Mereka  menganggap  bahwa  Belanda  sebagai  orang  kafir  (non Islam),  tidak  boleh  memerintah  umat  Islam.  Pemberontakan  ini  juga  merupakan buntut  dari  kebencian  rakyat  kepada  Belanda  yang  menindas  rakyat.  Rakyat  yang  emosi  menjadi  bringas  dan  tidak  terkendali  ketika  menyerbu  kota  Cilegon.  Mereka  membantai  seluruh  rakyat  pribumi  yang  bekerja  untuk  Belanda,  begitu  juga  dengan orang  Belanda.
            Setelah  bangsa  Indonesia  merdeka  pada  tahun  1945,  masalah  kekerasan  tidak  serta  -  merta berhenti.  Belum  genap  usia  republik  Indonesia  mencapai  tiga  tahun,  pada  tahun  1948  terjadi  lagi  tindak  kekerasan  yang  dipelopori  komunis  yang  dipimpin  Muso  di  Madiun  (Suryanegara:2010).  Di  Madiun  kaum  komunis  melakukan  kekerasan  dan  pembantaian  terhadap  ulama  dan  pejabat  pemeritah  Indonesia.  Tanah  dan  harta  orang  kaya  di  rampas  oleh  kaum  komunis.
            Menyikapi  tindakan  kekerasan  dan  kudeta  yang  dilakukan  kaum  komunis  yang dipimpim  Muso,  pasukan  divisi  Siliwangi  bergerak  cepat.  Pasukan  divisi  Siliwangi  dengan  segera  melakukan  tindakan  penangkapan  terhadap  seluruh  pemberontak  komunis.  Terjadi  kontak  senjata  antara  pasukan  divisi  Siliawangi  dengan  pemberontak  komunis.  Muso  terbunuh  dalam  peristiwa  kontak  senjata  tersebut,  sedangkan  Amir  Sjarifudin  ditangkap  di  dekat  Semarang  oleh  pasukan  divisi  Pasopati  dan  dihukum  mati.
            Tindak  kekerasan  yang  dilakukan  pemerintah  terhadap  kaum  pemberontak  merupakan  hak  ekslusif.  Seperti  yang  diungkapkan  Weber  bahwa  negara  memiliki  hak  ekslusif  dalam  menggunakan  kekerasan  dalam  menghadapi  musuh  atau  dalam  menghukum  orang  yang  bersalah.
            Kekerasan  yang  sangat  dahsyat  kembali  terjadi  pada  tahun  1965.  Terjadi  suatu  pembantaian  berdarah  yang  dilakukan  PKI  pimpinan  Aidit  terhadap  tujuh  jenderal  republik  Indonesia.  Mereka  berupaya  merubah  ideologi  negara  pancasila, dengan  ideologi  komunis.  Dengan  sigap  tentara  menumpas  gerakan  pemberontakan  PKI  tersebut  pada  tanggal  1  Oktober  1965.
            Tidak  berhenti  sampai  disitu,  rakyat  yang  terkejut  dan  marah  terhadap  tindakan  PKI  tersebut,  spontan  melakukan  serangan  balasan.  Mereka  memburu  dan  membunuh  orang  -  orang  yang  dicurigai  terlibat  dengan  PKI.  Salah  satu  contoh  seperti  yang  dikatakan  Cribb  bahwa  ribuan  orang  yang  diduga  terlibat  PKI  terbunuh  di  Bali  akibat  perang  saudara.  Peristiwa  pemberontakan  PKI  itu  memiliki  dampak  yang  luar  biasa  dalam  hal  kekerasan  balasan  yang  dilakukan  rakyat  terhadap  orang  PKI  di  berbagai  daerah  di  Indonesia.
            Dari  rentetan  peristiwa  masa  lalu  tersebut,  dapat  disimpulkan  bahwa  kekerasan  kapan,  dimana  dan  kepada  siapa  saja  bisa  terjadi.  Faktornya  adalah  adanya  rasa  ketidakpuasan,  kekecewaan  dan  kemarahan  terhadap  setiap  orang  atau  kelompok  yang  dianggap  merugikannya.  Tidak  ada  solusi  yang  paling  tepat  selain  meningkatkan  kesabaran  dan  kembali  mengaplikasikan  falsafah  bangsa  Indonesia  yang  sudah  mulai  terlupakan  yaitu  musyawarah  untuk  mencari  jalan  keluar. 

Oleh  :  H. Harahap